Selamat Datang Di Tarojjumah.Com - Selamat Datang Di Tarojjumah.Com - Selamat Datang Di Tarojjumah.Com

Minggu, 28 Juli 2013

Ribuan Warga dari kecamatan Kandeman dan Tulis Ikuti Istighosah

Ribuan jamaah berbagai desa dari kecamatan Kandeman dan Tulis menghadiri dan mengikuti istighosah dalam rangka Peringatan Nuzulul Qur’an 1434 H. Istighosah diselenggarakan oleh PT Bhimasena Power Indonesia di lapangan Desa Karanggeneng Kecamatan Kandeman, Kamis sore (25/7/2013). Tampak hadir dalam istighosah Wakil Bupati Batang H. Soetadi, Kapolres Batang AKBP Widi Atmoko, Ketua MUI KH. Abdul Fakih, dan Jajaran Direksi PT Bhima Sena Power Indonesia. H. Soetadi dalam sambutannya mengatakan peringatan Nuzulul Qur’an hari ini bukan sekedar untuk meramaikan saja, akan tetapi semakin mengukuhkan iman dan takwa, sekaligus dapat menyegarkan dan meningkatkan peran kita sebagai khalifah di bumi.
Ramadhan adalah bulan diturunkannya al-Quran. Turunnya al-Qur’an telah membawa perubahan bagi manusia di muka bumi, karena al-Qur’an merupakan petunjuk bagi manusia untuk memperoleh jalan yang benar menuju cahaya iman dan Islam.
Dalam hal ini, sebagai insan yang beriman kepada Allah SWT, yang telah memiliki kemampuan dan kesempatan untuk membaca, tentunya bukan sekedar membaca saja yang kita lakukan. Kita juga harus bisa membaca situasi dan kondisi yang ada, termasuk segala permasalahan yang tengah terjadi, baik secara lokal, regional, nasional maupun internasional. Kemampuan untuk membaca ini akan mengantarkan kita pada sikap peduli dan tanggap terhadap segala permasalahan. Untuk itu, melalui hikmah Nuzulul Qur’an ini, marilah tingkatkan semangat belajar, agar pengetahuan dan wawasan kita terus berkembang, sehingga dapat meningkatkan kualitas pengabdian kita kepada masyarakat, bangsa dan negara.
Soetadi juga meminta kepada masyarakat Desa Ujung Negoro, Karanggeneng, dan Ponowareng untuk mendukung pembangunan PLTU, karena dampak positif pembangunan tersebut sangat luar biasa bagi pertumbuhan ekonomi, bukan di tiga desa saja, tapi juga pembangunan Kabupaten Batang dan Bangsa Indonesia.
            KH. Akrom Sofwan dari Pekalongan dalam tausiahnya menerangkan bahwa puasa ibadah yang sangat berat, dalam puasa mengandung makna panas karena suhu kita naik di sebabkan tidak makan dan minum, makna yang berikutnya adalah membakar yaitu membakar dosa – dosa agar kita kembali fitri atau suci, karena firman Allah menyebutkan bahwa barang siapa menjalankan ibadah pusa di bulan Ramadhan akan diampuni dosa–dosa yang sudah berlalu.
            Diterangkan juga bahwa Allah menciptakan manusia di bumi dengan kepentingan yang berbeda – beda, sehingga akan bermunculan permasalahan dan sengketa, seperti pembangunan PLTU di Kabupaten Batang. Akan tetapi kerusakan yang ditimbulkan oleh manusia akan memberikan manfaat yang besar, kertimbang perusakan yang ditimbulkannya.” Wong mbangun rumah saja pasti tetap merusak alam, tapi nilai manfaatnya jauh lebih besar ketimbang kerusakannya,” kata KH Akrom Sofwan.
            Pembangunan PLTU yang sudah direncanakan pemerintah tidak akan menyengsarakan masyarakat, malah justru memberikan nilai manfaat bagi masyarakat sekitar, seperti yang sudah direncanakan akan dibangun masjid, serta memberikan bantuan yang berbasis pada pendidikan agama, kesehatan, karena kesehatan dan agama sangat diharapkan bagi anak – anak agar menjadi generasi sehat, agamis dan berpendidikan untuk memajukan desanya.
            Sementara Pimpinan PT Bhimasena Power Indonesia Ari Wibowo, mengatakan bahwa kegiatan istighasah dalam rangka peringatan Nuzulul Qur’an tersebut juga sebagai ajang silaturahim dengan warga lokasi PLTU. “Kami ingin bersilaturahim dengan warga untuk melupakan perbedaan pendapat. Perbedaan pendapat adalah hal wajar tetapi pada peringatan Nuzulul Qur’an, kami ingin mempersatukan perbedaan pendapat dengan warga,” katanya.
Menurut Ari, PT BPI sudah berulangkali melakukan komunikasi dengan masyarakat yang berada di lokasi PLTU tetapi hal tersebut belum menghasilkan kesepakatan yang maksimal. “Oleh karena itu, kami akan terus meningkatkan komunikasi itu, termasuk dalam kegiatan istighotsah ini. Kami berharap dengan adanya kegiatan istighotzah ini bisa tercipta jalinan komunikasi yang baik,” pungkasnya.(mc-humas)

Tidak ada komentar:

Terima kasih telah berkunjung di blog kami.. Semoga bermanfaat!!