Selamat Datang Di Tarojjumah.Com - Selamat Datang Di Tarojjumah.Com - Selamat Datang Di Tarojjumah.Com

Senin, 08 Juli 2013

109.853 Peserta Lolos SBMPTN dan Peraih Nilai Ujian Tertinggi 2013

Jakarta—Sebanyak 109.853 peserta dari total 585.789 peserta ujian dinyatakan lolos pada Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2013. Para peserta yang ingin melihat hasil pengumuman dapat mengakses melalui laman pengumuman.sbmptn.or.id mulai pada Senin, 8 Juli pukul 17.00 WIB.
Ketua Umum Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) Akhmaloka menyampaikan, pengumuman hasil seleksi SBMPTN 2013 dimajukan dari jadwal semula pada 12 Juli menjadi 8 Juli. Menurut dia, hal ini dilakukan karena proses penilaian telah selesai. “Sudah selesai kemarin sore,” katanya saat memberikan keterangan pers di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), Jakarta, Senin (8/07/2013).
Akhmaloka mengatakan, selain melalui laman resmi tersebut, untuk mengantisipasi banyaknya peserta yang mengakses secara bersamaan, pengumuman juga bisa diakses melalui laman sbmptn.ui.ac.id, sbmptn.itb.ac.id, sbmptn.undip.ac.id, dan sbmptn.its.ac.id. “Pengumuman juga dilakukan melalui surat kabar nasional dan lokal pada Selasa, 9 Juli, besok,” katanya.
Pendaftar terdistribusi dalam tiga kategori, yakni bidang sain teknologi sebanyak 220.769 orang, bidang sosial humaniora 232.613 orang, dan campuran saintek dan soshum 132.407 orang.  Adapun peserta yang diterima pada kategori saintek sebanyak 50.559 dan kategori sosial humaniora sebanyak 59.294.
Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdikbud Djoko Santoso mengatakan, SBMPTN diselenggarakan oleh sebanyak 62 PTN. SBMPTN, kata dia, merupakan pola seleksi masuk PTN melalui jalur ujian tertulis. Pada jalur ini, kata dia, PTN juga mengalokasikan kuota untuk beasiswa Bidik Misi. “Supaya mengelolanya mudah maka diintegrasikan sistemnya," katanya.
Djoko mengatakan, beasiswa ini diberikan kepada mereka yang mempunyai potensi akademik mencukupi, tetapi tidak mempunyai dukungan ekonomi yang memadai. Mereka, kata dia, dibebaskan dari membayar uang kuliah dan diberikan tunjangan hidup. “Tahun 2013 total 150 ribu mahasiswa yang dibiayai melalui Bidik Misi,” katanya.
Dari total peserta yang mendaftar SBMPTN sebanyak 55.975 orang melalui jalur beasiswa Bidik Misi dan 529.814 non-Bidik Misi.  Adapun jumlah peserta yang diterima melalui beasiswa Bidik Misi sebanyak 13.470 dan melalui non-Bidik Misi 96.383. (ASW)
Panitia Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2013 mengumumkan peserta yang meraih nilai ujian tertinggi, serta sepuluh PTN dan sepuluh provinsi dengan nilai rerata tertinggi.
Ketua Umum Panitia SBMPTN Akhmaloka menyampaikan, peserta yang meraih nilai ujian tertinggi untuk kelompok ujian sain teknologi diterima di Fakultas Teknologi Industri Institut Teknologi Bandung, sedangkan untuk kelompok ujian sosial humaniora diterima pada Program Studi Akuntansi Universitas Indonesia.
“Mereka tertinggi dari peserta di seluruh Indonesia,” katanya saat memberikan keterangan pers di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), Jakarta, Senin (8/07/2013).
Akhmaloka menyebutkan, sepuluh PTN penerima beasiswa Bidik Misi terbanyak adalah Universtas Negeri Semarang, Universitas Negeri Gorontalo, Universitas Trunojoyo, Universitas Brawijaya, Universitas Jember, Universitas Sebelas Maret, Universitas Negeri Malang, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Andalas, dan Universitas Negeri Yogyakarta.
Adapun sepuluh PTN dengan nilai rataan peserta saintek tertinggi yang diterima, yakni Institut Teknologi Bandung, Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Institut Pertanian Bogor, Universitas Diponegoro, Universitas Padjadjaran, Universitas Airlangga, Universitas Sebelas Maret, dan Universitas Islam Negeri Jakarta.
Hasil seleksi sepuluh PTN dengan nilai rataan peserta sosial humaniora tertinggi yang diterima adalah Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Universitas Gadjah Mada, Universitas Padjadjaran, Universitas Diponegoro, Universitas Airlangga, Universitas Jenderal Sudirman, Universitas Sriwijaya, Universitas Sebelas Maret, dan Universitas Negeri Yogyakarta.
Sementara, hasil seleksi sepuluh provinsi dengan nilai rataan peserta saintek tertinggi yang diterima berturut-turut DKI Jakarta, DI Yogyakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Sumatera Selatan, Lampung, Riau, Sumatera Barat, dan Bangka Belitung.
Adapun hasil seleksi sepuluh provinsi dengan nilai rataan peserta sosial humaniora tertinggi yang diterima berturut-turut DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, DI Yogyakarta, Jawa Tengah, Sumatera Selatan, Lampung, Kalimantan Barat, Sumatera Barat, dan Sumatera Utara.

Pengumuman hasil SBMPTN 2013 bisa dilihat dihttp://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/node/1532

Terima kasih telah berkunjung di blog kami.. Semoga bermanfaat!!