Selamat Datang Di Tarojjumah.Com - Selamat Datang Di Tarojjumah.Com - Selamat Datang Di Tarojjumah.Com

Kamis, 06 Juni 2013

Juara OSN SD/MI 2013 akan Ikuti Olimpiade Internasional

Bandung --- Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan bidang Pendidikan (Wamendik), Musliar Kasim, mengatakan, pemenang Olimpiade Sains Nasional (OSN) SD/MI 2013 akan menjadi wakil Indonesia di olimpiade sains internasional. Hal tersebut disampaikan Wamendik saat memberi sambutan pada acara pembukaan OSN 2013 di Bandung, Jawa Barat, Kamis (6/6).
 “Juara OSN SD/MI 2013 akan mengikuti olimpiade internasional tahun ini,” katanya. Untuk itu, Musliar mengajak semua peserta untuk bersemangat dan menjadikan OSN sebagai ajang mengembangkan potensi diri agar dapat bersaing dengan siswa dari negara lainnya.
Selain kepada siswa, mantan rektor Universitas Andalas (Unand) ini meminta kepada tim juri untuk  memberi penilaian yang adil. “Jangan pilih kasih, karena pemenang ini akan menjadi wakil kita di ajang internasional,” tuturnya.
Direktur Pembinaan SD Ibrahim Bafadhal membenarkan ucapan Wamendik tentang pemenang OSN akan menjadi wakil Indonesia di kancah olimpiade sains internasional. “Seperti dikatakan Wamen, yang unggul-unggul itu akan dikirim ke level internasional,” ungkapnya.
Acara pembukaan dilakukan di Hotel Grand Pasundan, Bandung.  Wamendik menandai  dibukanya acara tersebut dengan pemukulan gendang didampingi Direktur Pembinaan SD, Ibrahim Bafadhal, Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar, Thamrin Kasman, dan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, Wahyudin Zarkasyi.
Dalam sambutannya, Musliar mengungkapkan kebahagiaannya saat berhadapan dengan peserta OSN. Menurutnya, siswa-siswi terbaik ini merupakan calon pemimpin bangsa di masa depan. “Saat kami di SD tidak ada olimpiade seperti ini, dan kami bisa jadi profesor. Apalagi adik-adik ini yang berkumpul dalam olimpiade ini, mereka pasti bisa jadi orang-orang berhasil,” tutur mantan Rektor Universitas Andalas (Unand) ini antusias.
Ibrahim Bafadhal selaku ketua penyelenggara kegiatan menjelaskan, di hari pertama, peserta akan mengerjakan soal isian singkat dan tertulis. Sedang hari kedua, peserta akan mengerjakan soal eksplorasi. Peserta yang hanya mengikuti salah satu tes dinyatakan gugur dan tidak menjadi pemenang. Ia juga menyebutkan, ada 30 juri yang akan menjadi penilai dalam OSN ini. “Juri untuk masing-masing bidang merupakan tenaga akademis di perguruan tinggi dan tenaga ahli lain bidang matematika dan IPA yg ditunjuk oleh panitia penyelenggara,” jelasnya.
Lebih lanjut Ibrahim mengatakan, selain berkompetisi, peserta OSN SD/MI ini akan diajak berwisata edukasi ke beberapa titik wisata di wilayah Jawa Barat. Tujuan pertama adalah Saung Angklung Mang Ujo dan wisata kedua Kawah Putih. Di selah aktivitas lomba, peserta juga akan mendapat pendidikan karakter. “Jadi siangnya mereka berlomba, malamnya mereka mendapatkan pendidikan karakter,” katanya.
Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, Wahyudin Zarkasyi, menyambut baik kedatangan peserta OSN SD/MI di Bandung. Ia mempersilahkan para tamu yang datang untuk menikmati berbagai wisata dan budaya yang ada disini. “Jangan sia-siakan kesempatan ini, karena ini merupakan kesempatan yang baik. Belum tentu lain kali bisa kesini lagi,”
Ibrahim menambahkan, dalam rangka mempersiapkan peserta OSN ini secara komperehensif secara pengetahuan, sikap, dan karakter sosialnya, para peserta akan diberi pembinaan karakter di malam hari setelah lomba berlangsung. Hal tersebut dilakukan atas penelitian yang menyebutkan bahwa orang-orang sukses di masa depannya merupakan orang yang memiliki kemampuan yang komprehensif. “Beberapa research di dunia menunjukkan orang yang sukses berkarir dalam bidangnya masing-masing sangat ditopang dengan keberadaan softskill mereka,” katanya. (AR)
Terima kasih telah berkunjung di blog kami.. Semoga bermanfaat!!