Selamat Datang Di Tarojjumah.Com - Selamat Datang Di Tarojjumah.Com - Selamat Datang Di Tarojjumah.Com

Senin, 01 Juli 2013

Islam Harus Hadir Sebagai Agama Yang Paling Dicintai Umat Manusia

Palu, bimasislam-- Pada hari Jumat-Minggu (28-30/6), Pusat Studi al-Quran (PSQ)   mengadakan kembali Training of Trainers (ToT) bagi para da’i/da’iyah dan beberapa Penyuluh Agama Islam di kota Palu dan sekitarnya. Kegiatan yang mengangkat tema tentang “Mengusung Moderasi dan Toleransi untuk Indonesia Damai” itu juga menghadirkan Wakil Menteri Agama, Prof. Dr. Nasaruddin Umar, MA, sebagai salah satu narasumbernya. Dalam sebuah sesi Wamen mengungkapkan, “Allah mengajarkan kita pendekatan cinta lewat firman-Nya, dengan  mengikuti (ajaran) Rasul-Nya. Karenanya, Islam harus hadir sebagai agama yang paling dicintai umat manusia”, tegasnya seraya menyitir QS. Ali ‘Imran: 31 untuk menggugah para peserta yang hadir hari Sabtu malam (29/6) itu.

Ajaran “jihad” sekalipun tetap mengusung rasa cinta dalam prakteknya, ungkap Guru Besar Ilmu Tafsir UIN Jakarta ini di hadapan 45 orang peserta. Al-Quran menjelaskan perintah jihad dengan mendahulukan perjuangan dengan materil (harta benda) dulu sebelum dengan pengorbanan jiwa. “Wa jaahiduu bi amwaalikum wa anfusikum. Jadi, berjuang lewat harta dulu, kemudian diri kita, bukan sebaliknya” terangnya merujuk QS. At-Taubah: 41.

Selain itu, al-Quran juga menjelaskan tentang orang-orang yang mendapatkan kemenangan (faa’izuun) adalah orang yang melakukan hijrah terlebih dahulu sebelum berjihad di jalan Allah. “Jadi, mereformasi diri dulu, sebelum berjuang”, urainya merujuk QS. At-Taubah: 20. Ini semua menegaskan bahwa jihad itu punya makna dan strategi dalam prakteknya, imbuh Rektor Institut PTIQ Jakarta ini meyakinkan para peserta yang mengikuti acara ini di Grand Duta Hotel, Palu.

Pada hari yang sama, sebelum memberikan orasi ilmiahnya, Wamen berkesempatan mengunjungi dan melihat langsung perkampungan Muallaf Nurul Khairat yang dibina oleh Habib Saleh Alaidrus di Dataran Tinggi Palu. Dengan penghormatan, Wamen juga sowan (silaturrahim) ke Habib Ali al-Jufri, Guru Tua Ormas al-Khairat di kediamannya di Palu. (edijun/foto:bimasislam)
Terima kasih telah berkunjung di blog kami.. Semoga bermanfaat!!