Selamat Datang Di Tarojjumah.Com - Selamat Datang Di Tarojjumah.Com - Selamat Datang Di Tarojjumah.Com

Rabu, 12 Juni 2013

Hasil UN SD/MI Tahun 2013 Kabupaten Batang 12.784 siswa lulus 100%

BATANG – Setelah SMA sederajat, kini giliran jenjang SD/MI yang mencatatkan angka fantastik. Hasil Ujian Nasional (UN) Tahun 2013 sukses mengantarkan 12.784 siswa di Kabupaten Batang lulus 100%.
Dibanding hasil UN tahun sebelumnya, maka terdapat peningkatan hingga 0,44%. Sebab angka kelulusan UN Tahun 2012 hanya sebesar 99,56%. Tahun ini UN diikuti total 12.784 siswa, mencakup 10.587 siswa SD dan 2.197 siswa MI. Mereka berasal dari 567 sekolah, di mana 512 di antaranya bertindak selaku penyelenggara UN. Sementara karena berbagai keterbatasan, 55 sekolah mengikuti pelaksanaan UN dengan menggabung ke sekolah lain.
“Terhadap capaian UN tahun ini, kami mengucap syukur sekaligus menyampaikan terima kasih yang mendalam terhadap semua jajaran yang telah ikut berikhtiar bersama, semaksimal mungkin, demi hasil yang lebih baik,” ungkap Kepala Bidang TK dan SD Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga (Disdikpora) Kabupaten Batang, Wachyusin SPd MM, Sabtu (8/6).
Dikatakannya, upaya mendongkrak kualitas hasil UN SD ini telah menjadi prioritas Disdikpora. Sejak Tahun Ajaran (TA) 2012/2013, pihaknya mengintensifkan pembinaan ke sekolah-sekolah, turun ke bawah menemui guru dan kepala sekolah guna memberikan strategi dan motivasi UN. Kegiatan ini pun berlanjut di semester II, dengan terus mengoptimalkan kesiapan yang ada.
“Frekuensi penambahan jam belajar pun kami tingkatkan dari tahun sebelumnya. Setiap sekolah menggelar les tambahan, sampai sejumlah guru dikabarkan mengalami penurunan berat badan. Try out pun digelar dari level kecamatan, gugus, sampai kabupaten. Paling tidak setiap sekolah mengikuti hingga 4 kali try out. Semua upaya ini semata-mata untuk mendongkrak hasil UN tahun ini,” terangnya.
Sabtu lalu, pukul 10.00 WIB,  hasil UN secara serentak diumumkan oleh masing-masing sekolah se Jawa Tengah. Setelah itu, semua SD/MI di 15 kecamatan se Kabupaten Batang menyerahkan laporan kilat ke Disdikpora hingga pukul 13.30 WIB. “Dari laporan kilat inilah kami baru berani memastikan bahwa angka kelulusan SD/MI tahun ini mencapai 100%. Kami menyampaikan penghargaan yang tinggi untuk para guru kelas VI, pengawas, hingga UPT Disdikpora di setiap kecamatan, yang telah berusaha keras selama ini,” ucapnya.
Menurut Wachyusin, pihaknya belum bisa mengetahui nilai rata-rata hasil UN SD/MI tingkat kabupaten, karena masih perlu proses penghitungan, berdasarkan data laporan kilat yang masuk. Begitupun dengan data peringkat UN provinsi, yang belum bisa diakses dalam waktu dekat ini.
Karenanya, dia telah meminta analisis hasil UN ini, baik tingkat kecamatan maupun kabupaten. Dari data ini akan diketahui ranking setiap sekolah, baik di kecamatan maupun kabupaten. “Kita menjadi tahu, sekolah-sekolah mana yang nilainya tinggi, dan sekolah mana yang nilainya di bawah. Ini akan menjadi dasar dan bahan bagi kami dalam melakukan pembinaan di tahun ajaran yang baru nanti,” pungkasnya. (ap22)
Terima kasih telah berkunjung di blog kami.. Semoga bermanfaat!!