Selamat Datang Di Tarojjumah.Com - Selamat Datang Di Tarojjumah.Com - Selamat Datang Di Tarojjumah.Com

Sabtu, 11 Mei 2013

Naskah/Teks Pidato Berbakti Kepada Orang Tua



السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
الحمد لله رب العالمين وبه نستعين على امورالدنيا والدين والصلاة والسلام على اشرف الأنبيٍٍٍإ والمرسلين سيدنا محمد وعلى اله وصحبه اجمعين اما بعد

Hadirin yang kami mulyakan
Pada kesempatan yang berbahagia ini, marilah kita panjatkan puja dan puji syukur  alhamdulillah kehadirat Allah SWT. Atas semua nikmat serta hidayah-Nya, sehingga kita bisa bertemu dalam acara yang berbahagia ini.
Tak lupa sholawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada junjungan kita Nabi agung Muhammad SAW. Yang mana kita anut ajarannya dan kita nanti-nantikan syafaatnya di hari kiyamat. Amin ya… Robbal ‘Alamiin.

Hadirin yang kami mulyakan
Kita sebagai mahluk yang paling sempurna yakni manusia, sudah barang tentu menjadi kewajiban kita sebagai manusia untuk menjalankan semua perintah dan menjauhi larangan-Nya. Selain itu, kita harus selalu bersyukur kepada Allah atas nikmat yang telah Allah berikan kepada kita semua. Karena jika kita mensyukuri nikmat allah maka allah akan menambah nikmat kepada kita, begitu juga sebaliknya jika kita mengingkari nikmat-Nya, Allah akan mengganti nikmat itu menjadi azab yang sangat pedih.
Islam juga mengajarkan kepada kita semua agar selalu menyayangi dan mengasihi serta menghormati sesama manusia jangan pandang bulu. Bahkan kepada binatang sekalipun kita tidak boleh menyakitinya, agar bisa terjalin kerukunan dan kedamaian hidup antara satu dengan yang lainnya.

Namun kenyataannya sekarang ini banyak kita jumpai generasi muda yang sudah tidak menghormati lagi sesame terutama saudaranya lebih-lebih kedua orang tuanya. Mereka tidak mau menghormati, menyayangi dan mengasihinya. Apalagi bila orang tua itu tidak memiliki harta yang banyak. Maka anaknya tidak lagi hormat dan bahkan menyia-nyiakan serta membangkang perintahnya. Apa yang diperintahkan orang tua  selalu ditentang, karena apa ? karena merasa sudah bisa mencari uang sendiri mencari makan sendiri, membeli pakaian sendiri, dan bahkan bisa membeli sesuatu dengan hasil keringat sendiri tanpa harus meminta bantuan orang tua lagi.

Oleh karena itu mereka tidak lagi menghormati kedua orang tuanya, bahkan dia mengatur dan kadang- kadang ada  pula yang menjadikan kedua orang tuanaya   sebagai pembantu persis seperti budaknya. Ada pula yang menitipkan dipanti jompo juga ada yang disuruh menjadi pengemis sebagai alat untuk mencari dan menumpuk kekayaan.        

Barangkali mereka telah lupa bahwa orang tuanyalah yang telah mengandung selama sembilan bulan dengan susah payah, melahirkan dengan mempertaruhkan nyawanya, menyusui, menyuapi, membesarkan dan mendidiknya sehingga menjadi orang yang pandai dan sukses. Orang tua melakukan semua ini semua dengan ikhlas tanpa pamrih dari siapapun, hanya karena ingin melihat anak-anaknya sukses dikemudian hari.

Maka dari itu kita wajib menghormati dan mematuhi ssegala perintah baiknya dengan penuh keihlasan dan mrngasihinya serta merawatnya  sebagaimana orang tua mengasuh, mendidik, mengasihi serta merawat kita dengan penuh kasih sayang .
Sebagaimana firman Allah dalam surat al-Isro’ ayat 23 :
 





023. Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan "ah" dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia.
.
Ma’asyirol muslimin rahimakumullah
Itulah perintah Allah Ta’ala yang ditrujukan kepada manusia agar mereka tidak menyakutukannya dan juga agar senantiasa menghormati kedua orang tuanya menyayanginya serta mengasihinya   .
Selain itu ayat tadi juga menjelaskan bahwa kita sebagai anak tidak diperbolehkan berkata kasar kepada kedua orang tuanya apalagi membantahnya ataupun memukulnya Allah akan membenci kepada orang yang durhaka kepada orang tuanya.

Ma’asyirol muslimin rahimakumullah
 Nabi Muhammad bersabda:
رض الله فى رض الوالدين وسخط الله في سخط الوالدين

 yang artinya: keridhaan alah tergantung kepada keridhaan orangtua dan kemurkaan allah tergantung kepada kemurkaan orangtua.

ayat tadi menjelaskan bahwa  jika kita melakkukan sesuatu yang orangtua tidak ridha kita melakukan perbuatan itu kita maka Allah tidak akan ,meridhoinya dan juga jika orang tua murka/ marah  kepada kita maka allah juga murka kepada kita
Ma’asyirol muslimin rahimakumullah
            Rosulullah pernah didatangi oleh seorang laki-laki dari bani salamah dan berkata :
“Ya…. Rosul adakah yang masih bisa saya lakukan untuk berbakti kepada kedua orang tuasaya setelah meninggal dunia ?” mendengar itu nabi menjawab. “ada” yaitu
1.      berdo’a untuknya
2.      memintakan ampun untuk keduanya

اللهماغفرلى ولوالدي وارحمهما كما ربيانى صغيرا

3.      memenuhi janji mereka setelah mereka tiada
4.      menyambut sanak familinya, yang harus disambung lantaran mereka
5.      memuliakan dan menghormati kawan-kawan mereka berdua

Ma’asyirol muslimin rahimakumullah
demikianlah yang dapat kami sampaikan mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua khususnya kami sebagai sebagai anak, dan apabila ada kekurangan dan kesalahannya kami mohon maaf yang sebesar-besarnya.
                                                                                                         
والله الموافق الى اقوام الطارق والسلام عليكم ورحمة الله وبركاتة
Terima kasih telah berkunjung di blog kami.. Semoga bermanfaat!!