Selamat Datang Di Tarojjumah.Com - Selamat Datang Di Tarojjumah.Com - Selamat Datang Di Tarojjumah.Com

Kamis, 14 November 2013

Mantan Wawali Ikut Berebut Kursi Eselon II Kementerian PANRB

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) kembali menggelar promosi terbuka untuk mengisi 6 jabatan eselon II yang lowong. Setelah dilakukan tes secara online pada 31 Oktober - 1 November 2013,  sejumlah 33 orang peserta dinyatakan lolos untuk mengikuti tes pembuatan makalah pada Senin (18/11).
 
Dari peserta yang lolos tes online, 20 peserta diantaranya merupakan PNS dari berbagai instansi baik pusat maupun daerah, sementara 13 orang merupakan  pegawai Kementerian PANRB. Ada pegawai dari  Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Gorontalo, Provinsi Banten, Provinsi Bengkulu, Provinsi Sumatra Barat, Provinsi Bangka, Kabupaten Lamongan, Kabupaten Bone, dan Kabupaten Sumedang. Yang menarik, salah satu peserta promosi terbuka ini  mantan Wakil Walikota Padang Panjang, Sumatera Barat.
 
Ada beberapa rangkaian tes yang harus dijalankan oleh para peserta, antara lain adalah  penulisan makalah yang akan dilaksanakan pada 18 November 2013. Makalah yang ditulis mengenai pengetahuan dan pemahaman tentang fungsi dan peran Kementerian PANRB di pemerintahan serta peran jabatan yang akan dilamar. Para pelamar juga harus menuliskan visi dan misi serta strategi kandidat jika nantinya terpilih untuk menduduki posisi yang dilamar. Selain itu peserta juga diminta menulis tentang pengetahuan dan pemahaman mengenai isu reformasi birokrasi.
 
Setelah makalah ditulis, peserta diminta untuk mempresentasikan makalah tersebut yang dijadwalkan dilaksanakan pada 21-22 November 2013. Kemudian dilanjutkan dengan assessment center pada 25 - 28 November 2013. Rangkaian terakhir adalah tes wawancara, para peserta akan di wawancara langsung oleh tim pansel pada 9 -10 Desember.
 
Sekretaris Kementerian PANRB Tasdik Kinanto selaku Ketua Pansel, mengungkapkan peserta yang tidak mengikuti prosedur yang sudah ditetapkan sampai dengan batas waktu yang ditentukan dengan alasan apapun akan dianggap mengundurkan diri dari pelaksanaan seleksi secara keseluruhan. “Promosi terbuka ini dilaksanakan untuk menciptakan birokrasi yang transparan dan bersih dari KKN” tegasnya dikantor Kementerian PANRB (14/11).
 
Jabatan Eselon II yang diperebutkan adalah (1) Asdep Koordinator Penanganan Pengaduan Masyarakat dan Aparatur; (2) AsdepKoordinasi Pelaksanaan, Pemantauan, dan Evaluasi RB, Akuntabilitas Aparatur, dan Pengawasan; (3)Asdep Perumusan dan Koordinasi Pelaksanaan Kebijakan e-Government; (4) Asdep Perencanaan dan Sistem informasi SDM Aparatur; (5) AsdepKoordinasi Pelaksanaan, Pemantauan, dan Evaluasi Pelayanan Publik III; dan (6) Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik.
 
Kementerian PANRB sudah beberapa kali melakukan promosi terbuka, baik untuk jabatan eselon I maupun II. Langkah ini merupakan bagian dari percepatan reformasi birokrasi, sebagai upaya untuk mewujudkan merit sistem birokrasi. Promosi terbuka ini juga menjadi muatan dalam RUU Aparatur Sipil Negara (ASN), sehingga kalau RUU itu sudah disahkan menjadi undnag-undang, maka seluruh instansi pemerintah wajib melaksanakannya.  (Cry/HUMASMENPAN)

Tidak ada komentar:

Terima kasih telah berkunjung di blog kami.. Semoga bermanfaat!!