Selamat Datang Di Tarojjumah.Com - Selamat Datang Di Tarojjumah.Com - Selamat Datang Di Tarojjumah.Com

Rabu, 30 Oktober 2013

Monitor-Pantau Hasil CAT Ampuh Bangun Public Trust

Jawa Timur-Humas BKN, “Screen monitor alat pantau hasil ujian CAT-BKN yang terpampang di ruang kontrol ujian CAT dinilai ampuh membangun public trust,” ungkap Eka Agus Tjahyono, salah seorang Panita Tes CPNS Pemprov. Jatim saat ditinjau Kepala BKN Eko Sutrino minggu lalu. Alat pantau itu merupakan piranti standar yang harus ada saat pelaksanaan seleksi dengan CAT-BKN. Dalam tampilan alat tersebut dimunculkan score hingga ranking setiap peserta pada sesi ujian berlangsung.

Kepada Eko Sutrisno, Eka menuturkan bahwa awalnya masyarakat hingga awak media tidak percaya kalau tes dengan metode CAT-BKN dijamin transparan, objektif dan akuntabel serta bebas KKN. Eka menyampaikan bahwa setelah mereka ditunjukan pada screen monitor alat pantau tersebut, keraguan masyarakat tidak ada lagi. “Kepercayaan mereka berbalik 360 derajat,  mayarakat menjadi sangat yakin,” jelas Eka.


Bagi peserta, dengan melihat alat itu mereka akan tahu posisi mereka sendiri, nilai (score) yang mereka peroleh hingga posisi peringkat mereka. “Dengan melihat sendiri mereka akan mengukur kemampuannya sendiri, sehingga mereka lebih siap mental kalu memang nilainya rendah,” ujar Eka. Sementara bagi panitia alat itu juga sangat penting karena untuk monitoring adanya kesalahan sistem sehingga bisa segera diambil tindakan prefentif. “Sesuai SOP, apabila di layar monitor ada yang nilainya o (nol) harus segera diteliti lebih lanjut dan apabila ada kesalahan sistem segera dapat diatasi,” jelas Eka kepada para awak media yang juga hadir saat itu.

Metode CAT-BKN merupakan kali pertama digunakan untuk seleksi penerimaan PNS yang nantinya akan bekerja di lingkungan Pemprov Jatim. Jumlah pesertanya  mencapai angka di atas 32 ribu orang. Pelaksanaan tes dilakukan di Gedung Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan (ATKP) Surabaya. Subali/Suyadi
Posting Komentar
Terima kasih telah berkunjung di blog kami.. Semoga bermanfaat!!