Selamat Datang Di Tarojjumah.Com - Selamat Datang Di Tarojjumah.Com - Selamat Datang Di Tarojjumah.Com

Jumat, 27 September 2013

Minggu – Selasa, Tes CPNS Kementerian PANRB

JAKARTA – Ruang Sriwijaya Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) yang biasanya digunakan untuk rapat-rapat, mulai Kamis disulap menjadi ruang Computer Assistant Test (CAT). Pasalnya, mulai Minggu tanggal 29 September sampai Selasa tanggal 1 Oktober 2013 Kementerian PANRB akan menggelar tes CPNS dengan sistem CAT.
Ruangan yang tadinya berisi meja denagn formasi berbentuk U, kini meja-mejanya digantikan dengan 100 meja kecil dan susunannya menghadap satu arah seperti sebuah ruangan kelas. Setiap meja terdapat sebuah laptop, dan di ruangan itu dilengkapi kamera CCTV sebagai alat pemantau test.
 
Menurut Kabag Sistem Informasi Kementerian PANRB  Taufiq Rahman, ruang Sriwijaya juga dilengkapi dengan monitor. “Ada dua monitor, yang satu monitoring pengontrol ruangan dan yang satunya lagi monitoring pergerakan ranking yang berada di  ruang pimpinan dan di ruang tunggu yakni di ruang Serbaguna lantai satu,” ungkapnya di sela-sela memperisapkan penataan CAT, Kamis (26/09).
 
Taufiq mengatakan, setelah selesai tes, peserta bisa langsung melihat hasilnya pada monitor yang berada di ruang tunggu serbaguna yang berada dilantai dasar.  “Jadi mustahil penilaian ujian tersebut bisa dimanipulasi,” tandasnya.
Dia  menambahkan, Pada Jumat (27/09) pagi, sebelum pegawai melakukan sholat jum’at juga akan diadakan simulasi CAT untuk para pegawai, guna memastikan semua alat yang digunakan benar-benar siap.
 
Dari 17 ribu lebih pelamar online, yang lulus seleksi administrasi ada 889, untuk memeprebutkan 53 formasi CPNS, minus 1 untuk putra/putri Papua tesnya akan diselenggarakan langsung di Papua. “Tes akan dilaksanakan 3 hari, mulai 29 September sampai dengan 1 Oktober,” tambahnya.
 
Meskipun infrastruktur dipersiapakan Kementerian PANRB, namun menggunakan aplikasi CAT badan Kepegawaian Negara (BKN). Ada 100 soal yang haruis dikerjakan, dalam waktu 90 menit. Dalam sehari ada 4 sesi, mulai jam 8 pagi.  Test dengan sistem CAT ini merupakan yang pertama, dan segera disusul oleh kementerian/lembaga lain, serta pemda. (Cry/HUMASMENPAN)

Tidak ada komentar:

Terima kasih telah berkunjung di blog kami.. Semoga bermanfaat!!