Selamat Datang Di Tarojjumah.Com - Selamat Datang Di Tarojjumah.Com - Selamat Datang Di Tarojjumah.Com

Jumat, 20 September 2013

Menteri PANRB Akan Mundur Kalau Ikutan Main Penerimaan CPNS

JAKARTA – Menteri Pendayagunaan Paratur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Azwar Abubakar mengatakan akan menggaransi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). “saya berjanji kasih garansi untuk penerimaan CPNS besok, kalau ada yang menemukan praktek seperti ini langsung tangkap dan kalau sampai saya kedapatan main didalamnya, sekarang juga saya akan mundur dan saya berurusan dengan polisi,” tegasnya saat diwawancara media di kantor Kementerian PANRB (19/09). 
Azwar juga menegaskan akan bersungguh-sungguh membenahi pemerintahan lewat penerimaan CPNS tahun ini. “mulai tahun ini penerimaan CPNS bersih dari yang namanya calo, saya bersungguh-sungguh akan membenahi pemerintahan, karena ini bukan lagi ajang plitik apalagi pencitraan,”sergahnya.
Perubahan penerimaan CPNS sudah dimulai pada tahun lalu, dan pada tahun ini Kementerian PANRB tidak akan toleransi untuk orang yang bermain-main dalam penerimaan CPNS. Azwar mengungkapkan kalau tes CPNS benar-benar bersih dari unsur KKN karena ingin mendapatkan putra-putri terbaik bangsa. “kita ingin seleksi CPNS mendapatkan putra putrid terbaik bangsa untuk menjadi pns berdasarkan keadilan, jadi seperti orang masuk kampus tes di universitas, ada 1000 yang mendaftar dan hanya 100 yang bisa masuk universitas tersebut, akan tetapi tidak ada yang protes, karena prosesnya jujur dan adil, sama halnya penerimaan CPNS saat ini,” ujarnya. 
Untuk membuat suatu perubahan khususnya penerimaan CPNS caranya tidak mudah, perlu perencanaan yang matang. Dari pembuatan soal, mencetak sampai mendistribusikan soal perlu diawasi dengan cermat. Hal inilah yang sedang diperjuangkan oleh Kementerian PANRB, butuh kerja sama dengan berbagai pihak.Kementerian PANRB telah menggandeng beberapa institusi terkait untuk mensukseskan penerimaan CPNS tahun ini, antaralain ada Lembaga Sandi Negara, Kepolisian, jajaran kampus, BPPT, BKN, ICW, dan Ombudsman.  
Azwar mengatakan Dengan sistem yang baru ini untuk perekrutan CPNS sudah tidak lagi bisa membuat org bermain didalamnya. “Apalagi calo, saya sendiri saja tidak bisa,” cletuknya sembari tertawa. “jadi kalo ada yg inin mendaftar sebagai CPNS ya harus belajar baik-baik,”imbuhnya. 
Menteri PANRB mengatakan perubahanbaru saja di mulai, “saya rasa kita harus siap menghadapi perubahan, masyakat juga harus ikut mengawasi, kalo memang terbukti masih ada calo, dan calonya PNS maka langsung kita pecat, kalo bukan PNS langsung polisi” tegasnya. 
Azwar pecaya penerimaan CPNS dengan sistem yang baru ini bisa mengubah Indonesia menuju Negara yang lebih baik lagi. “Kita harus percaya bahwa Indonesia ini bisa berubah, peneriman CPNS yang baru ini juga akan mengubah Indonesia menjadi lebih baik. Sama saja kalo kita menanam pohon, kalo bibitnya tidak bagus, banyak virusnya, pohon tersebut juga tidak bisa tumbuh sempurna,”imbuhnya.
Ada tiga perubahan baru yang saat ini terus digodog oleh Kementerian PANRB. Yang pertama promosi jabatan secara terbuka baik ditingkat pusat maupun daerah. Yang kedua penerimaan CPNS yang jujur dan adil, dan yang ketiga adalah pelayanan masyarakat berbasis teknologi. (cry/HUMASMENPAN)

Tidak ada komentar:

Terima kasih telah berkunjung di blog kami.. Semoga bermanfaat!!