Selamat Datang Di Tarojjumah.Com - Selamat Datang Di Tarojjumah.Com - Selamat Datang Di Tarojjumah.Com

Rabu, 25 September 2013

Angin Segar, 6 K/L Inisiatif Lakukan Perampingan

JAKARTA – Perampingan organisasi 16 kementerian/lembaga yang ditargetkan selesai dalam bulan November 2013, terus bergeliat. Setelah terbit tiga Perpres terkait perampingan 3 K/L, hasil audit konsultan untuk tiga K/L dipaparkan di depan Menteri PANRB Azwar Abubakar beserta Tim Restrukturisasi Kemenetrian/Lembaga.
 
Anggota Tim Restrukturisasi itu yang hadir antara lain Sarwono Kusumaatmadja, Rhenald Kasali, Sofyan Effendi, Eep Saefullah Fatah, Edy Purwanto, Nasaruddin, Dwi Wahyu Atmaji.
 
Menteri Azwar Abubakar mengatakan, ketiga  instansi yang selesai diaudit adalah Kementerian Pertanian, Kementerian Dalam Negeri dan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI). Sedangkan audit untuk 10 instansi masih berjalan, dan diharapkan secepatnya selesai.
 
Namun ada angin segar dalam reformasi birokrasi di bidang kelembagaan ini, karena ada enam kementerian/lembaga yang berinisiatif mengajukan restrukturisasi organisasinya.
 
Keenam lembaga yang dimaksud adalah Badan Tenaga Nuklir Nasional ( Batan), Badan Pusat Statistik (BPS), Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera), Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dan Kementerian BUMN.
 
 “Kementerian BUMN tinggal 3 deputi sudah saya paraf, dua minggu lalu sudah ke Presiden. Yang lainnya sudah berinisiatif. BKKBN, minta dibantu konsultannya karena enggak ada uang. Jadi kemajuan ini sudah ada enam lagi yang mau right sizing,” tutur Azwar dalam rapat pemaparan hasil audit oleh konsultan di Kementerian PANRB Jakarta, Rabu, (25/9).
 
Disebutkan, tiga kementerian yang melakukan perampingan di antaranya Kementerian PANRB,  yang jumlah deputinya dari enam menjadi 4, Badan Kepegawaian Negara (BKN), dan Lembaga Administrasi Negara (LAN).
 
Menurut Azwar semakin banyak K/L yang berinisiatif lakukan perampingan akan semakin baik untuk reformasi birokrasi. “Evaluasi ini bukan hanya soal mengurangi jumlah struktur, tapi kadang-kadang overlapping tugas. Itu yang harus kita luruskan.  Ini sangat penting juga,” tandas Azwar yang didampingi Wamen PANRB Eko Prasojo (ags/HUMAS MENPANRB)

Tidak ada komentar:

Terima kasih telah berkunjung di blog kami.. Semoga bermanfaat!!